AKHIR PEKAN NAN HARMONIS

Penampilan Marching Band Sebelas Maret (MB UNS) di acara Marching On The Street

Lengkingan suara brass, tabuhan skank, denting tuts pit, dan bendera warna-warni yang berkibar-kibar memenuhi ruangan terbuka di area Car Free Day Jl. Slamet Riyadi Solo. Pagi itu, Plaza Taman Sriwedari Surakarta berubah menjadi arena konser dengan ratusan penonton. Suasananya sederhana, tetapi cukup akrab. Penonton dengan antusias melihat setiap performa dan bertepuk tangan setiap satu  performa selesai.

Di panggung Plaza Taman Sriwedari, Minggu pagi, 16 Maret 2014, Marching Band Sebelas Maret Surakarta (MB UNS) tampil. Mereka membawakan beberapa performa yaitu brass ensemble (alat musik tiup), skank percussion (alat musik pukul), color guard show, pit show, band concert, dan big band.

Performa brass ensemble 

Marching On The Street (MOTS) yang digelar dalam rangka merayakan HUT ke-26 MB UNS dan memeriahkan Dies Natalis ke-38 UNS ini sekaligus digunakan untuk mengenalkan marching band kepada masyarakat Solo. Di tahun yang ke-26 ini, MB UNS ingin memberikan sesuatu yang berbeda, setelah di tahun sebelumnya mengadakan acara indoor yaitu Bluedynamic Music Explosion 2013. Di acara Marching On The Street ini, bisa dilihat bagaimana kelas menengah Solo merayakan akhir pekan dengan komposisi musik yang harmonis.

Performa skank percussion

Selama ini banyak masyarakat yang menganggap sama antara drum band dengan marching band. Atau bahkan masyarakat hanya mengenal drum band saja. Padahal drum band dan marching band sendiri sangat berbeda dilihat dari alat musiknya dan komposisi lagu yang dimainkan. Dengan digelarnya acara MOTS ini, Distia Apriyandini selaku ketua pelaksana berharap masyarakat Solo bisa lebih tahu tentang marching band dan MB UNS bisa lebih dekat dengan mereka.

Saat ditanya harapan ke depan di moment HUT ke-26 MB UNS ini, Distia berujar, “Semoga MB UNS tetap bisa mengharumkan almamater, dan terlebih lagi bisa mengharumkan Solo, bukan hanya di kancah nasional tetapi juga di kancah internasional.”

Color guard show

Pit show

Big band

Oleh : Sari Jauharoh




1 komentar: