“Media dan Komunikasi Kontemporer” , Buku Karya Mahasiswa Ilmu Komunikasi FISIP


Solo - Setelah sukses mengadakan Seminar Komunikasi Kontemporer, Prodi (Pogram Studi) Ilmu Komunikasi FISIP UNS yang bekerja sama dengan mahasiswa prodi Ilmu Komunikasi angkatan 2010 mengadakan launching dan bedah buku berjudul “Media dan Komunikasi Kontemporer”  yang bertempat  di ruang seminar FISIP UNS.  Acara yang diadakan pada Kamis 13 Maret 2014 ini adalah peluncuran buku yang merupakan karya dari mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi FISIP UNS  angkatan 2010.

(Sambutan dari Sekretaris Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP UNS, Tanti Herawati, SSos, MSi)

Buku berjudul “Media dan Komunikasi Kontemporer” ini, sebenanya merupakan proyek dari mata kuliah Etika dan Filsafat Komunikasi. Koordinator Peluncuran dan Bedah Buku Media dan Komunikasi Kontemporer, Singgah Nugroho mengatakan butuh waktu sekitar satu setengah tahun bagi mereka untuk menyelesaikan buku ini. Namun sayangnya, tidak semua tulisan mahasiswa bisa masuk ke dalam buku ini, “Ada beberapa teman yang tulisannya gak bisa masuk karena setelah beberapa kali revisi memang tidak memungkinkan”, kata Singgah.


(Tampilan Buku "Media dan Komunikasi Kontemporer")

Dalam penulisan, setiap mahasiswa diwajibkan untuk menulis satu judul, sehingga dari 60 mahasiswa memungkinkan untuk menulis 60 judul. Buku ini sendiri sudah dicetak sebanyak 200 eksemplar dan telah didistribusikan melalui UNS Bookstore, dan dibandrol harga sebesar Rp. 40.000. Untuk pendanaan, mereka melakukan iuran kelas, selain itu mereka juga mendapat tambahan dana dari Prodi. Singgah menambahkan,  target utama penjualan buku ini adalah adik-adik tingkat mereka.

Acara ini dibagi menjadi dua sesi, dimana sesi pertama merupakan pembahasan mengenai media massa sedangkan sesi kedua pembahasan mengenai etika profesi dan komunikasi. Adapun pengisi acara, merupakan mahasiswa prodi Ilmu Komunikasi angkatan 2010 sendiri. Singgah berharap, melalui diadakannya acara ini mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi dibawahnya bisa mengikuti jejak mereka, “Rencananya adik tingkat harus membuat buku seperti ini dan didorong agar hasilnya lebih bagus. Karena tujuan dari acara ini sendiri untuk menularkan semangat menulis”, imbuh Singgah.


By : Aidita Anggraeni

1 komentar: