Pemilihan Putra Putri Solo 2014

          

SOLO- Di kota tercinta Solo ini, telah diselenggarakan acara Grand Final Putra Putri Solo 2014 yang dihelat di pelataran Balai Kota Solo, kemarin. Sebanyak 20 finalis putra dan putri Kota Solo yang tampil cukup mengesankan, masing masing dari mereka mampu menyuguhkan performance yang dapat menggambarkan slogan yang diusung acara ini yakni “Kemilau Cerdas Berbudaya”.




Acara yang dimulai pukul 20.15 itu, dibuka dengan Tarian pembuka yang dilakukan oleh para Finalis putrid Solo 2014. Walaupun acara molor hingga satujam, namun acara yang dihadiri oleh Elfin Pertiwi Rappa yakni gadis yang menyandang gelar Putri Persahabatan dan Puteri Indonesia Lingkungan (Miss Indonesia International) yang terpilih menjadi runner up 1 pada Puteri Indonesia tahun ini, ternyata sangat menarik perhatian masyarakat Solo. Hal tersebut dapat dilihat dari antusiasme masyarakat Solo yang memenuhi kursi penonton (@kursi Rp. 35.000,00). Selain kursi penonton yang penuh, tidak sedikit pula penonton freepass yang menonton berdiri di dekat pintu gerbang Balai kota Solo, malam itu.

data source *

Setelah tarian pembuka, acara dilanjut dengan sesi Sambutan dari Ketua pemilihan PPS 2014, dan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Surakarta. Tak ketinggalan juga sambutan dari Walikota Surakarta, FX. Hadi Rudyatmo,  yang mengatakan bahwa tantangan Putra dan Putri Solo kian besar tahun ini. Karena mereka harus mampu mengemban tugas mempromosikan Solo sebagai kota budaya dan pariwisata. Apalagi Solo masuk daftar kota kota berpredikat ternyaman ditinggali di Indonesia.

Diketahui bahwa dalam acara Grand Final PPS 2014 kemarin malam, penilaian untuk para finalis hanya mencakup 30 persen, karena 70 persen sudah didapatkan dari penilain selama 17 hari masa karantina. Sehingga, walaupun terdapat beberapa finalis yang berpenampilan tidak maksimal, grogi, bahkan ada pula yang lupa dialog saat chitchat atau mengobrol dengan pasangan, bisa jadi finalis tersebutlah yang menang, karena telah mendapatkan penilaian lebih dimasa karantina sebelumnya. Selain chitchat, dalam acara kemarin para finalis PPS 2014 juga diuji dengan  sesi Tanya jawab sesuai undian yang diambil. Beberapa selingan acara hiburan seperti para finalis yang menyanyi, juga ada yang menabuh gamelan, dan juga dimeriahkan oleh penyanyi TIA AVI yang berasal dari Solo. Beberapa lagu dangdut yang dibawakan Tia, mampu menggerakkan beberapa penonton hingga mereka hanyut dan turut berjoged dan menyanyi bersama Penyanyi jebolan ajang pencarian bakat dari Indosiar tersebut.            

Waktu sudah mendekati tengah malam, Pemilihan Putra Putri Solo 2014 pun segera dilangsungkan dan disusul dengan penobatan yang dilakukan oleh PPS 2013 dengan menyerahkan piala bergilir dan memasangkan selempang gelar. PPS tahun ini dimenangkan oleh Pasangan nomor 7, Resmitra wisnu wardhana dari Jebres dan Siska Kusumaningrum dari Banjarsari. Putra dan Putri Solo I terpilih akan dikirim sebagai delegasi untuk mengikuti seleksi serta pembekalan pada ajang pemilihan duta wisata tingkat provinsi (Mas Mbak Jateng). Tidak hanya berhenti di situ, jika mendapatkan kembali anugerah sebagai juara, maka Putra Putri Solo tersebut akan mendapatkan kesempatan untuk mengikuti ajang pemilihan duta pariwisata di tingkat nasional yang mempertemukan pemuda-pemudi terbaik se-Indonesia.

data source*

Sedangkan diposisi Runner up 1 terdapat Irfan Bayu Sukmana dan Rizky Diaz Anindita. Kemudian di posisi ketiga ada Faisal Indra Permana dan Rizqa Zuhra Andriyatsari. Masih adapula beberapa gelar yang dianugerahkan ke beberapa finalis tahun ini, seperti Putra Putri Solo Favorit dan Duta persahabatan.

* solopos.com

BY Aulia Mestikasari
   .

1 komentar: