Menginspirasi Remaja Lewat Radio

Masa yang paling indah itu adalah masa remaja. Mengapa bisa seperti itu? Salah satu alasannya adalah karena pada masa remaja, mereka akan mengalami suatu awal masa untuk mencari identitas (jati) diri yang bakal menjadi dasar bagi masa dewasa. Menurut perkembangannya, masa remaja ditandai dengan sempurnanya pertumbuhan otak sehingga bisa berpikir logis. Oleh karena itu, remaja sudah bisa membuat rencana, strategi, membuat keputusan-keputusan, serta memecahkan masalah. Kemampuan nalar untuk berpikir membuatnya sudah memikirkan masa depan, perencanaan, dan merancang alternatif untuk mencapainya.

Remaja akan mulai menggali kemampuan-kemampuan yang ada dalam dirinya. Apabila tumbuh dalam lingkungan kondusif, remaja akan bisa mengembangkan minat dengan baik sesuai kemampuan yang dimilikinya. Namun sebaliknya, apabila remaja tumbuh dalam lingkungan yang kurang kondusif, kemungkinan besar ia akan menjadi pribadi yang keras kepala, pembangkang, atau pendiam sehingga kurang bisa mengembangkan kemampuan dalam diri.

Di masa remaja, peran orang tua untuk mendampingi remaja dalam tumbuh kembangnya sangat dibutuhkan. Orang tua juga berperan sebagai motivator agar remaja tidak berhenti di tengah jalan dalam usahanya menggapai impiannya. Tak hanya dari orang tua, motivasi bisa didapat para remaja dari mana saja. Ssaudara, sahabat, pacar, dan sebagainya juga bisa memberikan motivasi kepada remaja. Seiring dengan perkembangan zaman, motivasi pun bisa didapat dari media, baik media elektronik, cetak, maupun online. Masing-masing media memiliki karakter tersendiri untuk memberikan motivasi kepada khalayak remaja agar mereka bisa tergugah hatinya agar bertekad dan berusaha dengan maksimal demi tercapainya cita-cita, sehingga nantinya bisa menjadi orang yang bermanfaat bagi masyarakat.

Suasana saat siaran program acara Inspiring People di 107,7 Fiesta FM


107,7 Fiesta FM merupakan salah satu radio komunitas yang ada di Indonesia, khususnya di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Sebelas Maret (UNS Solo). Fiesta FM selalu berusaha memberikan hiburan dan informasi yang dikemas sangat menarik sehingga pas untuk khalayak remaja yang berintelektual. Setiap hari Rabu pukul 19.00 sampai pukul 21.00, Fiesta FM memberikan satu program acara yang bernama Inspiring People. Dalam setiap minggunya, kru Fiesta FM akan mengajak seseorang yang memiliki prestasi untuk berbagi pengalaman dan informasi kepada khalayak remaja.

Fiesta FM menghadirkan program acara Inspiring People berawal dari kekhawatiran di lingkungan remaja sekarang yang apatis dan kurang peduli dengan bakat yang mereka miliki. Mereka cenderung tak acuh dan tidak semangat untuk mengembangkan bakat dan kemampuan yang ada pada pribadi masing-masing. Dengan adanya seseorang yang berbagi pengalaman dan informasi tentang prestasinya, akan menginspirasi para remaja lainnya dan mereka akan sadar sehingga bisa turut mengembangkan kemampuan serta berprestasi. Dengan kata lain, seseorang yang diundang di Inspiring People bisa menjadi contoh bagi remaja yang lainnya dan memberikan kiat-kiat agar bisa menjadi Inspiring People.

Adanya program acara Inspiring People di Fiesta FM ini bisa membantu perkembangan remaja di kampus UNS dan sekitarnya. Khalayak remaja yang mengikuti program acara ini bisa terpacu untuk mengembangkan kemampuannya agar bisa berprestasi, dan tentu saja kiat-kiat yang diberikan tamu berprestasi di program ini juga akan membantu khalayak remaja untuk menjadi inspirasi bagi semua orang.

Seluruh anggota 107,7 Fiesta FM

Oleh : Siti Jauharoh Kartika Sari

0 komentar: