Beragam Jenis Payung Warnai Festival Payung Indonesia



Solo - Pada Selasa 29 November  2014, Taman Balekambang Solo ramai diserbu ratusan pasang mata. Ini dikarenakan,  saat itu merupakan hari kedua diselenggarakannya Festival Payung Indonesia 2014. Festival yang berlangsung sejak tanggal  28 hingga 30 November 2014 ini, menyuguhkan keindahan beraneka ragam jenis payung  yang digantung di berbagai tempat.

Suasana Panggung Pementasan


Festival ini diselenggarakan oleh Rumah Karnaval Indonesia bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata, dan Pemerintah Kota Surakarta. Berbagai pengrajin payung di berbagai Pulau Jawa turut memeriahkan acara ini dengan memamerkan karya mereka.

Rey Tanjung selaku Koordinator Pelaksana Festival ini mengatakan, acara ini merupakan Festival Payung  pertama yang ada di kota Solo bahkan di Indonesia. Rey menambahkan tujuan diselenggarakannya acara ini adalah untuk memajukan industri kreatif payung yang ada di Indonesia, sekaligus mengajak  masyarakat untuk  memakai payung buatan dalam negeri yg merupakan hasil dari usaha kecil menengah.

Festival ini sendiri memiliki berbagai rangkaian acara seperti lomba mewarnai, fashion show payung, dance show, Pagelaran Temu Koreografer Wanita, dan masih banyak lagi. Melalui acara ini, Rey berharap industri kreatif di Indonesia semkain maju, dan selain itu dia juga berharap agar anak muda di Indonesia semakin mencintai produk dalam negeri. 

Kedepannya, Festival Payung ini diharapkan akan menjadi acara rutin tahunan kota Solo. Menurut Rey, akan ada kemungkinan diadakannya festival serupa dengan barang kreatif selain payung, seperti contoh Festival Batik yang juga pernah diselenggarakn oleh Rumah Karnaval Indonesia.




Oleh : Aidita Anggraeni

1 komentar: