Cara Alami Merawat Wajah

Cara Alami Merawat Wajah

Selain mahkota wanita yakni rambut, wajah juga merupakan hal utama yang perlu diperhatikan bagi setiap orang, baik pria maupun wanita. Untuk itu banyak cara merawat wajah yang dilakukan untuk mendapatkan wajah yang sehat, putih, bersih dan terbebas dari jerawat. Setiap orang pasti ingin mempunyai wajah yang sehat dan bersih, sehingga tidak sedikit pula biaya yang dikeluarkan untuk melakukan perawat wajah. Mulai dari perawatan ke salon, klinik bahkan sampai ke dokter kecantikan untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Hal tersebut tidak bisa ditampik oleh kita para remaja, terutama kaum hawa. “Pengen ngilangin bekas jerawat. Dan menghindari timbulnya jerawat baru. Udah pake bermacam facial-foam, tapi hasilnya nihil jadi saya coba ke skincare”, ungkap Humaida P. A, salah seorang mahasiswi jurusan Ilmu Komunikasi FISIP UNS Surakarta.
Namun sebenarnya cara merawat wajah tidak susah, hanya tergantung bagaimana cara kita merawatnya dan membersihkannya. Selain dengan melakukan perawatan medis yang akan berujung dengan pembengkakan biaya, adapula perawatan secara alami. Bahan-bahan alami akam membuat kulit wajah terbebas dari efek samping yang dapat merusak kulit.
Ada beberapa kiat nih buat merawat kulit wajah, namun sebelum menyentuh daerah wajah, sebaiknya cucilah tangan terlebih dahulu dengan air bersih agar terbebas dari kuman dan bakteri. Karena bakteri adalah masalah utama yang kerap kali menimbulkan jerawat. Keadaan kotor, seperti debu, polusi akan membuat kita lebih mudah berjerawat. Apalagi dengan kondisi kulit kita yang berminyak, maka akan mempermudah timbulnya bakteri.
Oleh karena itu biasakanlah selalu membersihkan wajah dan juga rajin mencuci muka(terutama setelah pulang dari bepergian). Dapat juga menggunakan pelembab wajah untuk menghindari efek dari sinar Ultraviolet (UV). Bahkan bila mau, sedikit pemijatan wajah sekitar 2-3 menit di malam hari akan menjaga warna kulit agar tetap sehat dan cerah. 
source: google.com
Penggunaan masker buah atau bahan alami lainnya, bisa membantu peremajaan kulit anda. “Dulu sih pernah coba masker beras, denger-denger bisa nyerap minyak berlebih pada wajah. Tapi, ibu saya pernah nyaranin untuk menggunakan masker dari endapan air tajin”  ungkap Pinky Nuraini salah seorang siswi SMA Negeri 1 Kartasura yang kerap memakai masker alami.
source: google.com
Air, dipercaya berkhasiat memberikan efek baik bagi perawatan kulit berjerawat. Hal ini dapat dilihat dari manfaat air dingin dan air hangat.
“Membasuh wajah dengan air hangat, selain sangat baik untuk melancarkan peredaran darah, juga sangat bermanfaat untuk melembabkan, merevitalisasi serta memberi oksigen pada kulit. Uap dari air hangat juga bisa kita manfaatkan untuk membersihkan kotoran pada wajah”, (Dr. Oz – Cara menghilangkan jerawat)
            Uap air panas dapat membuka pori-pori, sehingga komedo dan bakteri pada jerawat di wajah kita dapat keluar. Nah, lalu apa kegunaan dari air dingin? Air dingin dapat kita manfaatkan untuk menyegarkan wajah dan meredakan kemerahan pada jerawat di wajah.
“Air dingin bisa digunakan untuk mengaktifkan kembali sirkulasi darah, mengurangi minyak di wajah serta mengecilkan pori-pori wajah kita”, (Dr. Oz – Cara menghilangkan jerawat).
source: google.com
            Dengan demikian, alangkah baiknya bila kita sering membasuh muka dengan air dingin setiap pagi secara rutin. Campuran potongan lemon atau mawar, bisa dipergunakan untuk memaksimalkan fungsinya (menyegarkan dan mencerahkan wajah kita).
Dan jangan lupa sobat, untuk olahraga teratur (agar kulit kencang). Untuk perawatan dari dalam, konsumsi air putih bisa juga menjaga kesehatan kulit, imbangi pula dengan minum vitamin E.

(Uli Mestika)

Source:

1 komentar: