Workshop dan Puncak Final Journifest 2015 LPM Visi Fisip UNS

Workshop Jurnalistik Feature News dan Photostory di UNS

Surakarta - LPM Visi Fisip UNS menggelar workshop Jurnalistik Feature News dan Photostory. Acara ini adalah sebagian acara dari Journifest " Food and Culture in Frame ", sekaligus menjadi acara puncak final dari lomba penulisan feature news dan pembuatan fotostory. Acara yang dilaksanakan di Ruang Seminar Fisip UNS ini dimulai pada Minggu ( 14/06 ) pukul 09.00 WIB yang mendatangkan dua pembicara yakni Ali Nur Yasin ( Kepala Biro Tempo Yogyakarta - Jawa Tengah ) serta Taufan Wijaya ( penulis buku " Foto Jurnalistik dalam Dimensi Utuh ".

Workshop diawali dengan materi yang di sampaikan oleh Ali Nur Yasin, yang menegaskan bahwa feature news yang dibuat oleh seorang reporter harus berdasarkan fakta dengan verifikasi/klarifikasi dengan narasumber yang berkaitan. Dilanjutkan materi kedua oleh Taufan Wijaya yang menjelaskan bagaimana membuat fotostory yang benar. Remaja alumni Fisip UNS ini menjelaskan beberapa tahap mudah membuat fotostory dengan harus memahami cerita yang akan disampaikan, riset dan interaksi dengan objek yang akan diceritakan.

Novian mahasiswa UNS yang menjadi salah satu peserta workshop, menuturkan workshop cukup bagus, tema yg dipakai jg menarik yaitu tentang kuliner, namun workshop td terasa kurang begitu seru. Dia merasa penyampaiannya terasa hambar. "Overall ya workshopnya not bad", Jelas Novian di akhir pendapatnya.

Setelah penyampaian materi, semua peserta lomba Journifest diberi tantangan untuk membuat feature news dengan diajak ke luar ruangan dan diberi waktu 60 menit. Semua finalis menyelesaikan tantangan yang diberikan panitia tepat waktu. Di puncak acara telah di tetapkan pemenang dari lomba fotostory dan menulis feature, untuk pemenang pertama fotostory Journifest 2015 adalah Bayu Wira Handyan dari Universitas Diponegoro Semarang, juara kedua diraih oleh Pelangi Atha Amalya dari Universitas Sebelas Maret Surakarta, dan juara ketiga adalah Cahya Setyawan dari Universitas Sebelas Maret Surakarta. Sedangkan untuk lomba menulis feature news panitia tidak menetapkan pemenang, dikarenakan karya dari seluruh peserta tidak memenuhi syarat sebagai feature news.




Oleh   : Wulandari

1 komentar: