FSRD Art Week UNS 2015, Apresiasi dan Perayaan Lahirnya FSRD UNS



Dalam rangka pengukuhan dan peresmian Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, sebagai sebuah bentuk apresiasi perayaan mahasiswa-mahasiswi FSRD menyuguhkan sebuah acara hiburan seni bertajuk “FSRD Art Week UNS 2015” yang dilaksanakan pada tanggal 4-6 Juni 2015 yang bertempat di Fakultas Seni Rupa dan Desain, Kampus UNS. 

Dalam Art Week ini, mahasiswa dan mahasiswi FSRD UNS mengadakan berbagai macam kegiatan, diantaranya Opening dan Kirab Tetas Warna pada hari Kamis 4 Juni 2015 yang dihadiri oleh Rektor dan para petinggi UNS beserta Dekan FSRD. Kirab Tetas Warna sendiri mengambil tema yaitu perjuangan, proses dan kelahiran. Tema tersebut melambangkan bahwa saat ini telah lahir FSRD UNS setelah melewati berbagai perjuangan.

Pameran Sumirating Rupa yang digelar pada 4-6 Juni 2015 di Gedung 2 FSRD UNS. Pada pameran ini, berbagai seni rupa ditampilkan mulai dari postcard, mural, Seni 2 Dimensi dan 3 Dimensi, dan lain-lain. Terdapat tiga bagian pameran, yaitu Pameran Sinergi, Pameran Submisi, dan Pameran Posrtcard. Karya-karya yang ditampilkan pada pameran ini, merupakan karya dari mahasiswa-mahasisiwi serta dosen FSRD UNS.

Serta Fashion Show Swarnajiva yang digelar pada Jumat 5 Juni 2015. Fashion Show Swarnajiva yang berlokasi di halaman Gedung 4 FSRD UNS ini, menampilkan desain-desain pakaian yang dibuat oleh mahasiswa-mahasiswi, alumni, dan dosen FSRD UNS. Berbagai model-model pakaian yang unik dan indah ditampilkan dengan baik oleh para model.

Pada FSRD Art Week ini juga terdapat Bazaar, Entertaining Stage, Workshop, dan Foodcourt. Entertaining Stage diisi oleh berbagai alunan musik dari band-band yang hadir. Bazar pada FSRD Art Week terdapat berbagai macam, salah satunya dijual berbagai lukisan unik dan postcard hasil karya mahasiswa. Workshop pada FSRD Art Week sendiri merupakan sebuah workshop mengenai Komik, Tie Dye, Clay, Wood Cut, Scanography, Vektor, Grafiti, dan lain-lain. Workshop selama tiga hari tersebut cukup ramai dan diminati oleh mahasiswa-mahasiswi yang hadir. 

Salah satu panitia yang juga merupakan mahasiswi FSRD UNS, Avita, mengatakan bahwa antusiasme dari para pengunjung sejak hari pertama cukup baik dan ramai, terutama pada saat malam hari dan pada saat digelar Entertaining Stage dan Fashion Show. Avita berharap dengan adanya acara Art Week dapat meningkatkan motivasi dan kreativitas mahasiswa-mahasiswi FSRD kedepannya, sehingga FSRD bisa menjadi salah satu fakultas yang terbaik.


beberapa karya yang ditampilkan pada FSRD Art Week

Mural dan lukisan pada Pameran Sumirating Rupa



Nurul Khumaira

0 komentar: